Belajar Manajemen

Jalur Cepat Ala Tigor

Hanya dalam waktu 13 tahun, Tigor M Siahaan berhasil menempati posisi nomor satu di Global Institutional Bank, Citi Indonesia.

Oleh Evi Ratnasari

November, 2008, adalah saat-saat yang menegangkan bagi Tigor M Siahaan, Country Business Manager, Global Institutional Bank, Citi Indonesia. Baru sembilan bulan menjabat sebagai Country Business Manager, ia langsung mendapat cobaan berat. Kala itu, kinerja Citigroup Inc,  yang merupakan bank terbesar kedua di Amerika Serikat, merosot tajam. Harga saham bank yang didirikan pada tahun 1812 itu terjun bebas. CEO Citigroup Vikram Pandit juga mengumumkan  pengurangan 52.000 karyawan

Tentu saja gonjang-ganjing Citigroup ini membuat khawatir nasabah maupun karyawan Citi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di tengah situasi semacam itu, pria kelahiran 1971 proaktif berkomunikasi dengan para klien dan karyawan. Setiap satu minggu sekali ia mengadakan coffee session untuk membahas apa pun. Di sini, dia juga menerima masukan karyawan.  Menurutnya, yang penting ada komunikasi dua arah, sehingga isu-isu liar bisa dikendalikan. “Ini sangat perlu dilakukan karena karyawan merupakan ujung tombak,” katanya. Ia juga berusaha memberikan informasi terbaru dan memberikan gambaran yang sesungguhnya tentang kondisi Citigroup dan Citi Indonesia kepada para klien. Dalam sehari ia bisa bertemu dengan lima klien sekaligus.

Langkah yang dilakukan Tigor ini terbukti mampu meredam kegelisahan.  Citi Indonesia tetap menghasilkan kinerja positif, berbanding terbalik dengan induk usahanya di kantor pusat. Pada 2008 Citi Indonesia berhasil meningkatkan pendapatannya meskipun hanya naik tipis.  Citi meraup pendapatan bersih sebesar Rp1,66 triliun, naik dari Rp1,65 triliun (2007). Kondisi likuiditas Citi dan rasio kecukupan modal bisa terjaga baik. Pada 2008, rasio kredit terhadap simpanan masyarakat atau loan to deposit ratio (LDR) sebesar 79,47%. Sedangkan rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) berada di angka 24,12%.“Bisnis bank adalah bisnis kepercayaan. Di saat krisis , komunikasi dan jujur merupakan hal yang penting,” kata Tigor menceritakan  pengalaman tahun pertama saat ia memimpin Citi Indonesia.

Citi menunjuk Tigor sebagai Country Business Manager, Global Institutional Bank, Citi Indonesia pada Februari 2008. Hanya dalam waktu 13 tahun, alumni University of Virginia, Charlottesville sudah bisa menempati posisi sebagai orang nomor satu yang memimpin bisnis corporate banking di Citi Indonesia. Ia juga merupakan orang Indonesia pertama yang menduduki posisi Country Business Manager Citi Markets & Banking Indonesia.

Untuk mencapai posisi itu, Tigor memiliki strategi sendiri. Menurutnya berusaha selalu menjadi pemenang dan melampaui target yang ditentukan merupakan modal dasar untuk sukses. “Saya mau terus belajar. Jika saya mendapatkan tugas A, saya juga ingin belajar yang B dan C juga,”jelasnya.

Menurut  Managing Partner PT Amrop Hever Indonesia, Irham Dilmy  kemampuan Tigor di perbankan memang tidak diragukan, hingga ia bisa sampai posisi puncak di Citi Indonesia. Namun ia juga diuntungkan karena  orang-orang seangkatannya banyak yang keluar dari Citi. “Tigor bertahan di Citi dan itu menjadi keuntungan tersendiri baginya,”cetus Irham.

Dalam lima tahun ke depan, menurut Tigor, ekonomi Indonesia akan mengalami booming besar dan mungkin tidak akan terjadi lagi dalam 100 tahun mendatang. GDP perkapita Indonesia akan dua kali lebih besar dari saat ini, yang hampir mencapai US$2800.  Itu sebabnya, ia akan semakin serius dan agresif mengembangkan bisnis Citi di Indonesia. Salah satunya dengan merintis bisnis baru yakni menjadi broker ekuitas. Sejak Agustus lalu Citi telah mulai beroperasi sebagai broker ekuitas di Indonesia. “Saya targetkan dalam dua atau tiga tahun mendatang Citi harus menjadi tiga besar broker ekuitas di Indonesia,” tegasnya.

Tulisan ini dimuat di majalah FORTUNE Indonesia Edisi 06, 14 November 2010.

Tigor M Siahaan adalah salah satu profesional yang masuk dalam daftar 40 Under 40 FORTUNE Indonesia tahun 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s