Personal Life

Siapa Yang Menentukan Dalam Membeli Mobil?

Hari ini, kantorku mengadakan acara diskusi santai di sebuah Showroom mobil mewah yang terletak di bilangan Proklamasi, Jakarta Pusat. Selesai acara, kami sempat berbincang-bincang dengan salah satu petugas di sana. Ada beberapa informasi yang menarik yang saya dapatkan dari perbincangan ngalur ngidul itu. Pertama , ternyata mobil yang harganya sekitar Rp900 juta-an tidak laku di showroom itu. Bukan karena kemahalan. Melainkan terlalu murah. Gubrakkksssss!!!. Katanya yang laku disana adalah mobil-mobil yang harganya Rp1,5 miliar ke atas. WOW!!!! Dan tahukah Anda siapa saja yang membeli mobil itu?

Ya benar, ada pengusaha, pejabat, dan konglomerat. Namun yang menarik adalah pembeli-pembeli yang berasal dari luar daerah khususnya wilayah Indonesia Timur. Mereka umumnya adalah petani dan orang-orang yang bergerak dibidang komoditas. Semua pembeli dari daerah itu membayar dengan uang cash. Saat saya mendengan cerita itu saya langsung membayangkan berapa banyak koper atau tas yang harus dibawa untuk menyimpan uang itu ya. ckckckckck

Informasi kedua yang tidak kalah menariknya adalah tentang siapa orang yang paling berpengaruh dalam menentukan pembelian mobil????
Pertama istri. Biasanya perempuan agak bawel. Hal-hal kecil tak jarang bisa membatalkan transaksi. Misalnya, ih kursinya kurang empulk, atau terlalu sempit, warnanya kurang ok. Padahal si suami sudah jatuh hati. Tinggal selangkah lagi transaksi terjadi. Cuman tinggal tunggu si nyonya mengatakan iya. Jadi penting sekali menservice si nyonya dengan sebaik mungkin. Kalalu sudah bisa mengambil hati sang nyonya, maslah printilan yang ngak jelas itu akan menjadi kalimat; oh ngak apa-apa nanti bisa di ini -itukan.

Nah, jika si pembeli tidak membawa nyonya rumah atau kebetulan belum berumah tangga. Siapa yang paling berpengaruh dalam menentukan mobil mana yang akan di beli? Apakah pacar? upsss bukan. Orang itu adalah supir pribadi. Maka jangan aneh jika Anda melihat ada ATPM yang sangat mengistimewakan para supir di showroomnya. Mau makan dan minum apa aja, akan diusahakan untuk dipenuhi. Bahkan ada juga yang memberikan upeti (baca uang).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s