Personal Life

Siapa Yang Menentukan Dalam Membeli Mobil Mewah?

IMG_1444

Foto by: Robert Silaban

Hari ini, kantorku mengadakan acara diskusi santai di sebuah showroom mobil mewah yang terletak di bilangan Proklamasi, Jakarta Pusat. Selesai acara, kami sempat berbincang-bincang dengan salah satu petugas di sana. Ada beberapa informasi yang menarik yang saya dapatkan dari perbincangan ngalur ngidul itu. Pertama, ternyata mobil yang harganya sekitar Rp900 juta-an tidak laku di showroom itu. Bukan karena kemahalan. Melainkan terlalu murah. Gubrakkksssss!!!. Katanya yang banyak diminati di sana adalah mobil-mobil yang harganya Rp1,5 miliar ke atas. WOW!!!! Dan tahukah Anda siapa saja yang membeli mobil itu?

Ya benar, ada pengusaha, pejabat, dan konglomerat. Namun yang menarik adalah pembeli-pembeli yang berasal dari luar daerah khususnya wilayah Indonesia Timur. Mereka umumnya adalah petani dan orang-orang yang bergerak di bidang komoditas. Semua pembeli dari daerah itu membayar dengan uang  tunai. Kira-kira butuh berapa banyak koper ya untuk menyimpan uang sebanyak itu?

Informasi kedua yang tidak kalah menarik adalah tentang siapa orang yang paling berpengaruh dalam menentukan pembelian mobil.

Pertama istri. Biasanya perempuan agak bawel. Hal-hal kecil tak jarang bisa membatalkan transaksi. Misalnya, ih kursinya kurang empuk, terlalu sempit, warnanya kurang ok. Padahal si suami sudah jatuh hati. Tinggal selangkah lagi transaksi terjadi. Cuman tinggal tunggu si nyonya mengatakan iya. Jadi penting sekali membuat happy si nyonya selama melihat-lihat mobil.

Nah, ini bagian yang paling seru. Jika si pembeli tidak membawa nyonya rumah atau kebetulan belum berumah tangga. Siapa yang paling berpengaruh dalam menentukan mobil mana yang akan dibeli?

Apakah pacar?

Bukan!

Melainkan supir pribadi

Maka jangan aneh, jika Anda melihat ada agen pemegang merek (APM) yang sangat mengistimewakan para supir di showroom-nya. Mau makan dan minum apa aja, akan diusahakan untuk dipenuhi. Bahkan ada juga yang memberikan upeti (baca uang).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s